Mahasiswa PBSI Unika Widya Mandala Madiun Luncurkan Dongeng Anak Elektronik

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin lama semakin tidak dapat dibendung. Era baru ini disebut dengan era disrupsi. Untuk menghadapi era ini, maka inovasi perlu dilakukan. Salah satunya adalah inovasi dalam hal pembelajaran. Hal inilah yang dilakukan oleh mahasiswa PBSI Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Tepatnya sejak bulan Maret-April 2019, mereka sibuk membuat konten kreatif bertajuk dongeng anak.

Konten ini berisi tentang dongeng anak yang diambil dari cerita rakyat Kalimantan. Mereka berusaha mengemas cerita tersebut menjadi cerita yang ramah anak serta layak untuk diperdengarkan bagi anak-anak. Tujuanya jelas yaitu untuk mendidik anak-anak melalui cerita rakyat dengan kemasan yang inovatif.

Ada enam dongeng anak yang diproduksi oleh mahasiswa PBSI Unika Widya Mandala Madiun. Keenam dongeng tersebut berjudul (1) Riam Merasap, (2) Batu Lebur, (3) Rueng, (4) Sungai Landak, (5) Dara Muning, dan (6) Hikayat Bunga Kemuning. Setiap dongeng tentu memiliki pesan masing masing tapi tidak disajikan secara tersurat dan menggurui melainkan tersirat. Istimewanya lagi adalah keenam dongeng ini ditulis dan diproduksi oleh mahasiswa yang berasal dari Kalimantan sehingga mereka membuat dengan sepenuh hati.

Proses penyuntingan pun dilakukan oleh mahasiswa setelah mendapat pelatihan singkat dari Frengy dan Henry, dua karyawan Widya Mandala Madiun yang ahli dalam hal desain. Penasaran bagaimana keenam dongeng tersebut, simak dan dengarkan di chanel youtube Wima Tv.

http://pbsi.widyamandala.ac.id/wp-admin/post.php?post=482&action=edit


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *