Kuis Online Kebahasaan Buatan Mahasiswa PBSI Unika Widya Mandala Madiun

Sering kita mendengar bahwa yang namanya kuis bahasa Indonesia itu cenderung membosankan. Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBSI) Universtas Katolik Widya Mandala Madiun punya cara jitu untuk mengatasi kebosanan itu. Selama bulan April-Mei 2019, mereka membuat kuis online dari aplikasi Kahoot!

Aplikasi yang dapat dakses melalui internet ini sangat membantu mahasiswa untuk berinovasi dalam membuat kuis online. Ada enam mahasiswa yang membuat kuis online dengan dua tipe yang berbeda. Tipe pertama adalah tipe pilihan ganda dan tipe kedua adalah tipe mengurutkan.

Tipe pertama berisi tentang pertanyaan yang terkait dengan kebahasaan, khususnya teks dan beberapa definisi baru dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tema-tema yang diammbil pun kekinian dan sesuai dengan topik-topik generasi Alfa. Tipe kedua berisi tentang kuis mengurutkan kata hingga kalimat.

Para peserta kuis dapat bermain kuis ini secara online seperti main bareng (mabar) sebuah game. Ada kode yang dimasukkan untuk dapat mengakses setiap kuis dan mahasiswa tidak perlu memikirkan kode itu karena aplikasi Kahoot sudah menyediakannya.

Sekarang mahasiswa sudah siap apabila mengajar generasi Alfa yang sangat akrab dengan teknologi. Pembelajaran hingga kuis yang mereka buat merupakan modal awal agar mereka percaya diri masuk di kelas yang penuh dengan konektifitas internet.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *